Zaman Fitnah

Kita hidup pada zaman di mana orang yang tidak hafal rukun Iman tiba-tiba bicara tentang Islam dan politik.

Kita hidup pada zaman di mana wanita yang pakaiannya belum terhijab dengan sempurna,  tiba-tiba bicara tentang persamaan hak antara laki-laki dan perempuan di dalam Islam dan di luar Islam.

Kita hidup pada zaman di mana laki-laki tidak mau sholat berjamaah di masjid, tapi tiba-tiba bicara tentang bagaimana seharusnya Islam menyikapi teman dan pemimpin.

Kita hidup pada zaman di mana fatwa ulama ditinggalkan dan sebagai gantinya pendapat anak SMA malah didengarkan.

Kita hidup di zaman fitnah.

Semoga kita semua bisa terhindar dari fitnah ini. Pelajarilah Islam, datangilah masjid dan majelis-majelis ilmu, perbaiki diri kita dengan iman, ilmu dan amal, agar kita bisa membedakan mana pendapat ulama dan mana pendapat orang-orang yang tidak mengerti agama.

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi ﷺ bersabda:

«سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتُ، يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ، وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ، وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ، وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ، وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ» ، قِيلَ: وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ؟ قَالَ: «الرَّجُلُ التَّافِهُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ»

“Akan datang kepada manusia tahun-tahun penuh kebohongan, saat itu pendusta dibenarkan, orang yang benar justru didustakan, pengkhianat diberikan amanah, orang yang dipercaya justru dikhianati, dan Ar-Ruwaibidhah berbicara.” Ditanyakan: “Apakah Ar-Ruwaibidhah?” Beliau bersabda: “Seorang laki-laki yang bodoh tetapi sok mengurusi urusan orang banyak.” (HR. Ibnu Majah No. 4036. Ahmad No. 7912. Dihasankan oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad No. 7912. Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: sanadnya jayyid. Lihat Fathul Bari, 13/84)

1 thought on “Zaman Fitnah

Leave a comment