Salah memahami hukum sholat berjamaah di masjid (2)

Satu hal lain yang membuat ummat Islam di Indonesia salah memahami hukum sholat berjamaah di masjid adalah karena ada kesalahan dalam menyikapi makna “sunnah“.

Dulu, para shahabat nabi berlomba-lomba dalam mengerjakan suatu hal, karena hal itu adalah “sunnah“. Sedangkan saat ini, banyak orang meninggalkan suatu amal karena hukum amal tersebut “hanya sunnah“.

Kembali pada masalah sholat berjamaah di masjid untuk sholat yang lima waktu, hukum fiqihnya berkisar di antara sunnah muakkadah, fardhu kifayah, dan fardhu ‘ain. Dan menurut mayoritas madzhab Syafi’i, hukumnya adalah sunnah muakkadah. Di sinilah letak masalahnya.

Apakah para ulama madzhab Syafi’i salah ketika menetapkan fatwa bahwa hukum sholat berjamaah di masjid untuk sholat lima waktu adalah sunnah muakkadah? Tentu saja tidak. Tapi yang salah adalah penerimaan masyarakat terhadap fatwa tsb. Masyarakat menangkap fatwa tersebut dengan makna “berarti tidak perlu pergi ke masjid ya? Khan hanya sunnah?“. Inilah pemahaman yang salah besar.

Yang benar adalah, ketika para ulama madzhab Syafi’i menetapkan bahwa hukum sholat berjamaah di masjid untuk sholat lima waktu adalah Sunnah Muakkadah, maka mereka para ulama itu sendiri selalu mengerjakan sholat berjamaah di masjid, karena itu adalah Sunnah Muakkadah. Karena makna sunnah muakkadah adalah “selalu dikerjakan dan tidak pernah ditinggalkan, kecuali ketika ada hal-hal yang menghalangi“, dan makna sunnah muakkadah bukan malah menjadi “selalu ditinggalkan” seperti yang banyak dipahami masyarakat saat ini.

Jadi, sholat berjamaah lima waktu di masjid, hukumnya adalah SEHARUSNYA SELALU DIKERJAKAN (KECUALI KALAU ADA HAMBATAN), dan bukan malah SELALU DITINGGALKAN. Inilah makna Sunnah Muakkadah yang benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s