Yaasiin 13-19

Surat Yaasiin ayat 13-19 menjelaskan kisah tentang tiga orang utusan sebelum era Nabi Muhammad saw. Mereka dikirim pada satu kaum secara bersamaan, untuk mendakwahkan Islam. Tapi kaum tersebut menolak ajaran yang disampaikan oleh tiga utusan tadi, dan tidak hanya itu, bahkan kaum itupun mengancam akan menyiksa tiga utusan utusan tadi.

Kisah ini diturunkan dengan beberapa tujuan. Yang pertama, tentu saja, ini adalah peringatan untuk orang-orang yang tidak mau beragama, karena dalam ayat ini disebutkan bahwa orang-orang yang tidak mau diajak untuk beragama memang ada dari dulu, dan mereka adalah orang-orang yang akan masuk neraka.

Tujuan lainnya adalah penguat semangat bagi para Nabi, Rasul, Ulama, Kyai, Ustadz, agar jangan patah semangat kalau bertemu dengan orang-orang yang menolak kalau diajak bicara masalah agama, dan bahkan mungkin mereka akan memerangi dakwah yang disampaikan itu. Memang ada orang-orang seperti itu, dan oleh karena itu, para Nabi, Rasul, Ulama, Kyai, Ustadz tidak perlu bersedih hati kalau dakwah mereka dihalang-halangi.

Ini adalah ayat untuk memompa semangat para pendakwah untuk terus bersemangat mendakwahkan ajaran Islam pada semua orang, siapapun mereka, tentunya dengan cara yang baik.

Kita sering baca surat Yaasiin tapi lemah semangat dalam mendakwahkan Islam?
Berarti kita belum bisa mengambil pelajaran dari apa yang kita baca.

Kita sering baca surat Yaasiin tapi belum pernah mendakwahkan Islam?
Berarti kita menutup diri atas hikmah yang ada di dalam ratusan ayat Al-Qur’an, yang memang ditujukan pada orang-orang yang mendakwahkan Islam.

Kita adalah orang-orang yang tidak mau tahu masalah agama?
Jangan-jangan, kita termasuk kelompok yang disebutkan dalam ayat di atas?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s