Ada tujuan

Salah satu perbedaan utama antara orang yang beragama dan orang yang tidak beragama adalah: Ada tujuan dalam hidupnya.

Orang yang tidak beragama, maka mereka akan menghabiskan waktu mereka untuk membahas hal-hal yang tidak penting, atau menyibukkan diri mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Apa yang mereka lakukan, hanya sebatas mengejar kesenangan duniawi saja. Kalau mereka kaya, maka mereka akan menghabiskan harta mereka hanya untuk hura-hura, dan kalau mereka tidak kaya maka mereka akan menghalalkan segala cara untuk mencari harta kekayaan. Bagi mereka, hidup hanya sebatas mencari makan, mencari harta, dan bersenang-senang.

Adapun orang-orang yang beragama, maka mereka akan menghabiskan waktu mereka untuk membahas hal-hal yang bisa menjadi bekal akhirat mereka, dan mereka juga akan menghabiskan waktu mereka untuk beramal sebaik mungkin untuk akhiratnya itu. Kalau mereka kaya, maka mereka akan banyak berinfaq untuk agamanya itu, dan kalau mereka tidak kaya maka mereka akan tetap sabar dalam kondisi mereka dan tetap menjaga diri agar tidak terjatuh dalam perbuatan menghalalkan segala cara. Bagi mereka, harta dan kesenangan bukanlah tujuan yang harus dikejar. Akhirat-lah tujuan yang harus dikejar.

Kita sendiri masuk yang mana?

Mari kita lihat apa yang sibuk kita bicarakan setiap harinya, itulah kita.

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu. (QS. Al-Hadid, ayat 20).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s