Syaikh bin Baz: Bumi itu Bulat

​Pendapat Syaikh bin Baz: Apakah Bumi itu bulat atau datar?



“Berdasarkan orang-orang berilmu, bumi bentuknya bulat. Bahkan, Ibnu Hazm dan ulama lainnya [di masa lampau, abad ke-9] telah menyatakan bahwa hal ini merupakan ijma’ dari para ulama. Artinya, semua permukaan bumi bersambungan satu sama lain sehingga bentuk dari planet ini adalah seperti bola.

Namun demikian, Allah telah menghamparkan, meluaskan permukaan bumi dalam hubungannya dengan [fungsinya terhadap] manusia. Dan Dia telah menempatkan gunung yang kokoh, lautan dan kehidupan sebagai rahmat bagi kita. Untuk alasan inilah, Allah berfirman: “Dan (tidakkah mereka melihat) kepada Bumi, bagaimana kami menghamparkannya (suthihat)?” [Surat Al Ghasiyyah: 20].

Dengan demikian, Bumi telah diratakan, dihamparkan bagi kita sehingga membantu kita dalam hidup di atasnya dan merasa nyaman. Fakta bahwa bumi berbentuk bulat tidak mencegah permukaannya dijadikan datar, terhampar, bagi manusia. Hal ini dikarenakan sesuatu yang bulat dan teramat besar maka permukaannya juga akan sangat luas dan terhampar, sehingga terlihat datar bagi yang berada di permukaannya.”

Arabic:

هل الأرض كروية أم سطحية؟

الأرض كروية عند أهل العلم، قد حكى ابن حزم وجماعة آخرون إجماع أهل العلم على أنها كروية، يعني أنها منضمٌ بعضها إلى بعض مدرمحة، كالكرة، لكن الله بسط أعلاها لنا فجعل فيها الجبال الرواسي، وجعل فيها الحيوان والبحار رحمةً بنا، ولهذا قال: وَإِلَى الْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ [(20) سورة الغاشية]. فهي مسطوحة الظاهر لنا ليعيش عليها الناس ويطمئن عليها الناس، فكونها كروية لا يمنع تسطيح ظاهرها ؛ لأن الشيء الكبير العظيم إذا سُطح صار له ظهرٌ واسع.

sumber (arabic):

http://www.binbaz.org.sa/noor/9167

(ada rekaman suaranya juga)

Tambahan, di bawah ini adalah kesaksian Astronot Muslim dari Saudi, Pangeran Sulthan bin Salman.


Lihat menit ke 49:51

Dan di bawah ini adalah kesaksian Astronot Muslim Malaysia, Sheikh Muszaphar Shukor.

Lihat menit ke 30:22

Dua astronot muslim ini membuktikan bahwa bumi itu bulat, dan bukan datar.



Semoga kita dan anak-anak kita semua bisa terhindar dari pemahaman “Bumi Datar” yang bukan hanya tidak ilmiah, tapi juga sama sekali tidak berdasarkan fakta, dan yang paling berbahaya adalah bisa membuat ummat Islam makin tertinggal dalam masalah ilmu pengetahuan dan teknologi.


Advertisements

One thought on “Syaikh bin Baz: Bumi itu Bulat

  1. Pingback: Bumi Bulat vs Bumi Datar | Pak AR guru Fisika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s