​Liberalisme, antara Standar Dunia dan Standar Akhirat

Kaum Liberal tidak bisa membedakan mana standar dunia dan mana standar akhirat. Akibatnya, kadangkala standar akhirat dipakai untuk masalah dunia, dan mungkin juga sebaliknya.

Misal, di akhirat nanti, bisa jadi seorang muslim akan masuk neraka. Lalu standar itu digunakan di dunia dengan tujuan agar orang Islam tidak boleh mengklaim agamanya saja yang benar.

Ini namanya menggunakan standar akhirat untuk masalah dunia. Dan ini tidak benar.

Yang benar adalah, Allah sudah menggariskan bahwa hanya Islam-lah agama yang benar. Maka selama kita hidup di dunia, kita harus berani mengatakan “hanya Islam-lah agama yang benar”. Adapun di akhirat nanti, kita serahkan pada Allah, apalagi untuk kasus individual, karena hanya Allah saja-lah yang Maha Tahu atas isi hati setiap hamba-Nya.

Sama seperti kasus koruptor yang tertangkap. Apa kita tidak tahu jangan-jangan dia sebenarnya berniat baik?

Jawabannya, niat baik atau buruk itu urusan Allah di akhirat nanti. Tugas kita di dunia adalah memastikan bahwa semua koruptor bisa dihukum sesuai dengan kesalahannya. Maka, yang terlihat maling kita namakan dengan maling, yang terbukti korupsi kita namakan dengan koruptor, dan yang menolak Islam kita namakan dengan kafir. Ini harus kita tegakkan di dunia ini, agar jelas mana yang benar dan mana yang salah dalam kehidupan kita. Masalah di akhirat nanti, kita serahkan pada Allah. 

Inilah perbedaan antara standar dunia dan standar akhirat, dan perbedaan ini tidak difahami oleh kaum liberal. Itu sebabnya mereka mengatakan bahwa semua agama itu sama saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s