​Perang pada zaman Nabi

Ibnu Hisyam dalam as-Sirah an-Nabawiyah menyatakan ada 27 peperangan yang terjadi di zaman Nabi Muhammad SAW. Peperangan tersebut terjadi dalam fase Madinah (10 tahun). Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata Nabi Muhammad SAW berperang 2,7 kali dalam setahun atau sekitar 4 bulan sekali. Bisa dibayangkan bagaimana sibuknya beliau mempersiapkan fisik, perbekalan dan strategi perang kaum muslimin pada zaman itu. Padahal Nabi dan kaum muslimin juga harus berdakwah, berdagang, berkebun, membangun masyarakat dan aktivitas lainnya.

Hal ini menunjukkan satu hal penting: Islam memang mengajarkan perdamaian, tapi manakala dibutuhkan, ummat Islam harus berani untuk maju berperang.

Maka, putuslah argumentasi kaum liberal yang lebih mencintai kedamaian daripada kebenaran. Menurut mereka, segala bentuk kekerasan adalah haram. Yang halal adalah hidup tenang dan hidup enak, meskipun harus mengorbankan kebenaran.

Zaman nabi, ada juga kelompok yang menuhankan hidup enak dan selalu menolak kalau disuruh maju berperang. Mereka adalah kaum Munafik.

وَلِيَعْلَمَ الَّذِينَ نَافَقُوا ۚ وَقِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا قَاتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوِ ادْفَعُوا ۖ قَالُوا لَوْ نَعْلَمُ قِتَالًا لَاتَّبَعْنَاكُمْ ۗ هُمْ لِلْكُفْرِ يَوْمَئِذٍ أَقْرَبُ مِنْهُمْ لِلْإِيمَانِ ۚ يَقُولُونَ بِأَفْوَاهِهِمْ مَا لَيْسَ فِي قُلُوبِهِمْ ۗ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا يَكْتُمُونَ

Dan supaya Allah mengetahui siapa orang-orang yang munafik. Kepada mereka dikatakan: “Marilah berperang di jalan Allah atau pertahankanlah (dirimu)”. Mereka berkata: “Sekiranya kami mengetahui akan terjadi peperangan, tentulah kami mengikuti kamu”. Mereka pada hari itu lebih dekat kepada kekafiran dari pada keimanan. Mereka mengatakan dengan mulutnya apa yang tidak terkandung dalam hatinya. Dan Allah lebih mengetahui dalam hatinya. Dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan. (QS. Ali Imraan: 167)


Semoga kita semua terhindar dari sifat Munafik. Aamiin.
Note:

Islam memang mencintai perdamaian. Tapi Islam menempatkan kebenaran di atas perdamaian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s