​Sikap kita terhadap Khawarij dan ISIS

ISIS zaman ini mirip dengan kaum Khawarij pada zaman Khalifah Ali ra dahulu. Mereka memerangi dan membunuhi kaum muslimin. Lantas, bagaimana seharusnya kita menyikapi ISIS? Jawabannya, mari kita lihat bagaimana Khalifah Ali ra menyikapi kaum Khawarij dahulu.
Kaum Khawarij adalah kaum yang telah keluar dari barisan kaum muslimin, itulah sebabnya mereka diberi nama “khawarij” yang artinya adalah “orang-orang yang keluar”. Mereka mengkafirkan orang-orang Islam yang tidak sependapat dengan mereka. Tapi bagaimana Khalifah Ali ra menyikapi mereka?

Ternyata, Khalifah Ali ra tidak mengkafirkan mereka. Khalifah Ali ra tetap memperlakukan mereka sebagai orang Islam, dan itu artinya mereka tetap diperlakukan sebagai saudara. Bedanya, karena mereka menimbulkan teror di mana-mana, maka Khalifah Ali ra pun memerangi mereka dan menumpas mereka.

Maka, bagaimana sikap kita terhadap ISIS saat ini?

Kalau kita menyikapi mereka sebagai saudara,  disertai dengan sikap memerangi dan menumpas teror-teror yang mereka lakukan, maka sesungguhnya kita telah memahami Islam dengan benar. Tapi kalau kita mengatakan bahwa ISIS bukanlah saudara kita, maka itu artinya kita telah mewarisi sikap kaum Khawarij, yaitu mudah mengkafirkan orang yang berbeda pendapat dengan kita. Kalau yang terakhir ini adalah sikap kita, maka sadarilah bahwa itu juga menunjukkan keterbatasan ilmu kita. Maka, marilah kita datangi majelis-majelis ilmu agar ilmu kita bertambah, agar kita tidak terjebak menjadi seperti khawarij pada sisi yang berbeda. Pemahaman agama harus disertai dengan ilmu, agar agama bagi kita tidak hanya sekedar warisan belaka.

Mari datangi majelis ilmu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s