​Takdir dan aliran yang tidak benar

Ada satu ciri utama yang paling mudah untuk kita gunakan untuk menentukan satu aliran itu benar atau salah, yaitu dari dengan cara melihat pemahaman mereka dalam masalah takdir.

Ketika ada aliran yang berkata “jangan menggunakan logika”, sudah jelas ini aliran yang tidak benar, karena dalam Al-Qur’an terdapat banyak sekali ayat yang menanyakan “Tidakkah kamu berfikir?” atau lainnya.

Demikian pula kalau ada aliran yang mengatakan “jangan ikuti sebab akibat”, ini juga merupakan aliran yang tidak benar, karena sesungguhnya sebab akibat itu telah ditentukan oleh Allah sebagai satu bagian takdir yang harus kita imani.

Demikian pula dengan aliran yang memilih untuk pasrah kepada Allah dengan alasan “tawakkal”,  padahal hal itu bertentangan dengan hukum sebab akibat yang telah Allah tentukan.

Maka, manakah yang benar?

1. Hujan turun karena awan mendung?

atau

2. Hujan turun karena Allah?

Yang benar adalah yang nomor tiga:

3. Hujan turun karena awan mendung, dan hubungan sebab akibat ini telah ditentukan oleh Allah subhaanahu wa Ta’ala.

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ ۖ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ

Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan. (QS. An-Nuur: 43)

Barang siapa meyakini hubungan sebab akibat, maka sesungguhnya dia telah beriman pada ketetapan takdir yang telah Allah tetapkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s