Al-Qur’an, Hadits Shahih dan Injil

Dalam pandangan ummat Islam, Al-Qur’an itu isinya benar dan tidak boleh ada kesalahan dalam redaksinya. Inilah kriteria kitab suci dalam pandangan Islam.

Di bawah itu, ummat Islam juga meyakini kitab Hadits yang shahih, yang isinya diyakini benar, tapi redaksinya bisa berbeda-beda.

Di luar itu, ummat Islam juga meyakini kitab Injil yang diturunkan pada nabi Isa as, dan kitab suci ini juga memiliki ciri yang sama dengan Al-Qur’an, yaitu isinya benar dan tidak boleh ada kesalahan dalam redaksinya. Tapi kitab Injil yang asli ini, sekarang sudah tidak ada lagi. Ini menurut keyakinan ummat Islam.

Bersamaan dengan itu, ummat kristen meyakini Injil dengan pandangan yang berbeda. Menurut ummat Kristen, yang namanya Injil itu bukanlah kitab yang diturunkan pada Yesus, melainkan kitab yang ditulis oleh murid-murid Yesus, berisi ucapan-ucapan Yesus. Dan kriteria yang digunakan adalah isinya benar, tapi bisa saja ada perbedaan redaksi di dalamnya, karena ditulis oleh orang yang berbeda.

Keyakinan ummat Kristen terhadap kitab Injil ini, tidak sama dengan keyakinan ummat Islam terhadap kitab Al-Qur’an, karena ummat Islam menggunakan syarat “redaksi harus benar” (maksudnya “hanya ada satu redaksi”) dalam meyakini kitab sucinya

Keyakinan ummat Kristen terhadap kitab Injil lebih mirip keyakinan ummat Islam terhadap kitab hadits Shahih. Isinya benar, tapi redaksinya bisa berbeda.

Keyakinan mana yang lebih baik atau lebih tepat?
Silakan dipikirkan masing-masing.

Note:
Yang kita bandingkan adalah keyakinan ummat terhadap kitabnya sucinya masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s