Pilihlah Pemimpin

Salah satu ciri pemahaman Islam yang tidak benar adalah mengajarkan sikap anti politik. Alasan mereka banyak, salah satunya mungkin karena sistem yang dipakai adalah sistem demokrasi, dan bukan sistem khilafah.

Padahal, Islam tidak mewariskan sistem pemilihan pemimpin. Empat khalifah dalam Khulaafaur Raasyidin dipilih dengan menggunakan cara yang berbeda satu sama lain. Dan Khilafah Bani Abbasiyah, Bani Umayyah dan Turki Utsmani bahkan berdiri di atas sistem keturunan, tapi mereka tetap diakui sebagai khilafah Islam.

Yang ada dalam Al-Qur’an bukanlah cara, melainkan tujuan, dan itu disampaikan dalam kalimat singkat yang kira-kira sama dengan kalimat berikut: “Pilihlah pemimpin muslim, jangan pilih pemimpin non-muslim”.

Ini artinya, apapun sistem yang digunakan, kita punya kewajiban untuk mengusahakan agar pemimpin kita adalah muslim. Maka, kalau kita tidak punya hak suara, marilah kita berdoa agar orang-orang yang punya hak suara akan memilihkan pemimpin muslim untuk kita. Dan kalau kita punya hak suara, mari kita pastikan agar suara kita itu kita gunakan untuk memilih pemimpin muslim, karena seperti itulah yang diperintahkan oleh Al-Qur’an kita.

لَا يَتَّخِذِ الْمُؤْمِنُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِينَ ۖ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَلَيْسَ مِنَ اللَّهِ فِي شَيْءٍ إِلَّا أَنْ تَتَّقُوا مِنْهُمْ تُقَاةً ۗ وَيُحَذِّرُكُمُ اللَّهُ نَفْسَهُ ۗ وَإِلَى اللَّهِ الْمَصِيرُ

“Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembali(mu).” (QS. Ali Imraan: 28)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s