Kedudukan Kitab Suci dan kitab Hadits

Kesalahan kaum Yahudi adalah mereka mengutamakan kitab hadits (Talmud) di atas kitab suci (Taurat).

Adapun kesalahan kaum Nasrani adalah mereka menyatukan kitab hadits (ucapan-ucapan pendeta mereka) dan kitab suci (Injil) menjadi satu buku (yaitu Alkitab), lalu mereka mengatakan bahwa itu semua sama-sama berasal dari Allah, dan level-nya sama antara keduanya.

Sebagian ummat Islam ada yang seperti kaum Yahudi, mereka menomorsatukan hadits dan menomorduakan Al-Qur’an. Setiap hari mereka membahas hadits, lalu mengabaikan ayat Al-Qur’an. Ini adalah kelompok yang salah.

Sebagian lagi, mereka menyamakan antara hadits dan Al-Qur’an. Mereka menyangka, kalau ulama hadits mereka sudah menshahihkan suatu hadits, berarti hadits itu seperti ayat Al-Qur’an yang turun dari langit. Mereka tidak bisa memahami bahwa penentuan shahih tidaknya suatu hadits adalah perkara ijtihadiyah dan  kadangkala para ulama hadits berbeda pendapat dalam menshahihkan suatu hadits. Kelompok kedua ini juga kelompok yang salah karena mereka seperti kaum Nasrani.

Yang benar adalah kelompok ketiga, yaitu kelompok kaum muslimin yang menomorsatukan Al-Qur’an dan menomorduakan hadits, serta menomorsekiankan hal lainnya.  Mereka adalah kelompok yang insya Allah dirahmati Allah, karena mereka bisa membedakan mana inti dan mana cabang. Apa-apa yang ada di dalam Al-Qur’an dan diulang berkali-kali di banyak ayat, itulah inti agama kita ini. Apa-apa yang ada di dalam Al-Quran dan tidak diulang di banyak ayat, maka hal itu juga penting. Dan apa-apa yang tidak ada di dalam Al-Qur’an, sebaiknya kita bertoleransi atas perbedaan pemahaman yang mungkin timbul.

Semoga kita bisa termasuk pada kelompok yang terakhir ini, yang tidak menyibukkan diri membahas hal-hal yang tidak ada ayatnya. Aamiin ya Robbal ‘aalamiin.

note:
Tema tentang “Bid’ah” adalah tema yang tidak ada ayatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s