Misi utama nabi Muhammad saw adalah untuk mengislamkan seluruh ummat manusia

Tanggapan atas tulisan Ust Nadirsyah Hosen yang mengatakan bahwa misi utama Nabi Muhammad bukanlah untuk mengislamkan dunia.


Taqdir itu ada yang “Allah kehendaki”, “Allah sukai”, “Allah ridhoi” dan “Allah benci”.

Hal-hal buruk yang ada di muka bumi ini, Allah tidak suka kalau hal itu terjadi, tapi Allah berkehendak hal itu terjadi, Allah benci kalau hal itu terjadi, tapi Allah meridhoi kalau hal itu harus terjadi, kalau memang syarat-syaratnya terpenuhi.

Maka, islamnya seluruh ummat manusia adalah kebalikan dari contoh di atas. Allah suka kalau semua orang itu jadi muslim, tapi Allah berkehendak agar tetap ada yang non-muslim, meskipun Allah benci kalau ada yang menjadi non-muslim, tapi Allah meridhoi hal terjadi kalau memang syarat-syaratnya terpenuhi.

Contoh lainnya, bagaimana dengan kemunkaran di sekeliling kita?
Jawabannya, Allah tidak suka akan hal itu, tapi Allah berkehendak hal itu ada, Allah benci akan hal itu, tapi Allah ridho kalau kemunkaran terjadi kalau syarat-syaratnya terpenuhi.

Lalu, apa hukum nahi munkar? jawabannya adalah “wajib karena Allah tidak suka dan juga benci”, dan jawabannya bukan “tidak wajib karena Allah menghendaki dan meridhoi hal itu”.

Sama seperti artikel dari Pak Nadirsyah Hosen di atas, apakah Islam diturunkan untuk semua ummat manusia? jawabannya adalah “ya, karena memang misi nabi kita adalah sebagai utusan untuk seluruh ummat manusia, juga karena Allah suka akan hal itu, dan Allah benci kalau ada yang kafir”, dan jawabannya bukan “islam tidak diturunkan untuk seluruh ummat manusia karena Allah berkehendak ada yang tetap kafir dan Allah meridhoi adanya kekafiran itu”.

Lakukanlah amar ma’ruf nahi munkar, karena Allah benci pada kejahatan, meskipun Allah meridhoi hal itu ada.

Sampaikanlah islam pada seluruh ummat manusia, karena Allah benci kekafiran meskipun Allah meridhoi hal itu ada.

Kesimpulannya:
Misi utama nabi Muhammad adalah untuk mengislamkan seluruh ummat manusia di dunia, dan hal itu tidak berubah hanya karena Allah meridhoi adanya kekafiran di muka bumi ini. Teruslah berjuang, teruslah berdakwah, jangan patah semangat, perjuangan harus tetap dilakukan meskipun Allah berkehendak bahwa kejahatan selalu ada. Allah menciptakan dan menghendaki adanya kejahatan bukan sebagai justifikasi agar kita boleh diam, tapi justru sebagai tantangan bagi kita agar kita terus berjuang.

note:
1. Berdakwah harus dengan cara yang baik dan tidak memaksa, ini benar dan ini harus tetap kita pegang. Tapi kalau ada orang yang menolak dakwah kita bukan berarti kita boleh berhenti berdakwah, apalagi sampai mengatakan bahwa tujuan dakwah kita adalah bukan untuk meng-islam-kan mereka. Yang terakhir ini adalah pernyataan yang berbahaya karena bisa melemahkan semangat dakwah ummat Islam di manapun mereka berada. Yang benar adalah, meskipun ada orang-orang yang yang menolaknya, tetapi tujuan dakwah kita tetap untuk meng-islam-kan semua ummat manusia di muka bumi ini.

2. Berikut adalah dalil yang jelas-jelas menyebutkan bahwa Nabi Muhammad diutus untuk seluruh ummat manusia, dan seluruh ummat manusia diminta untuk beriman kepada ajaran Nabi Muhammad saw.

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ ۖ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Katakanlah: “WAHAI MANUSIA, SESUNGGUHNYA AKU ADALAH UTUSAN ALLAH KEPADAMU SEMUA, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, MAKA BERIMANLAH KAMU KEPADA ALLAH DAN RASUL-NYA, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk”. (QS. Al-A’raf: 157)

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Dan Kami tidak mengutus kamu, MELAINKAN KEPADA UMMAT MANUSIA SELURUHNYA sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. (QS. As- Saba:28)

Demikian, semoga bermanfaat, maaf kalau agak rumit penjelasannya.

2 Maret 2016
by Isa Ismet Khumaedi
@Depok

Link artikel ini:
https://ismetkh.wordpress.com/2016/03/02/misi-utama-nabi-muhammad-saw-adalah-untuk-mengislamkan-seluruh-ummat-manusia/

Tulisan ust. Nadirsyah Hosen ada pada link berikut:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1681047788810167&id=1552475198334094
atau
http://www.kabarmakkah.com/2016/02/nabi-muhammad-diutus-bukanlah-untuk.html?m=1

please share.‬

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s