Syaikh bin Baz: Tidak semua Syiah itu kafir

الشيعة فرق كثيرة…

فيهم الكافر وفيهم غير الكافر، وأسهلهم وأيسرهم من يقول علي أفضل من الثلاثة وهذا ليس بكافر لكن مخطئ، فإن علياً هو الرابع والصديق وعمر وعثمان هم أفضل منه، وإذا فضله على أولئك الثلاثة فإنه قد أخطأ وخالف إجماع الصحابة ولكن لا يكون كافراً

“Syi’ah banyak macamnya…

Ada yang kafir, ada juga yang tidak. Yang paling ringan dan rendah adalah orang yang mengatakan bahwa Ali lebih baik daripada tiga Khalifah sebelumnya. Orang semacam ini tidak kafir. Hanya keliru saja. Sebab, Ali adalah Khalifah keempat. Sedangkan Abu Bakar, Umar dan Utsman lebih baik daripadanya. Maka, jika ia mendahulukan Ali daripada ketiganya, maka ia keliru dan menyelisihi kesepakatan sahabat. Tapi ia tidak kafir.” (Fatwa Syaikh Bin Baz)

Lihat di web resminya:
http://www.binbaz.org.sa/fatawa/4162
note: Syaikh bin Baz adalah mantan Mufti Kerajaan Saudi

Sebagai tambahan, Grand Syaikh Al-Azhar Dr. Ahmad Ath-Thoyyib juga mengatakan bahwa Syiah itu ada yang kafir dan ada yang masih muslim, meskipun Syiah yang muslim juga memiliki kesesatab tapi kesesatan itu tidak serta merta membuat mereka menjadi kafir.

Berikut video dari  Grand Syaikh Al-Azhar Dr. Ahmad Ath-Thoyyib ketika menyinggung permasalahan itu:

Terakhir, 
MUI kita juga mengatakan bahwa Syiah terbagi tiga. Yang pertama adalah Syiah yang kafir karena menuhankan Ali ra atau mengatakan bahwa Ali ra adalah nabi, yang kedua adalah Syiah yang sesat yang mengkafirkan sebagian sahabat nabi, dan yang terakhir adalah Syiah yang masih bisa diterima oleh Ahlu Sunnah karena mereka tidak mengkafirkan sahabat nabi.

Penjelasan MUI (beserta screenshot buku MUI ttg Syiah):
https://ismetkh.wordpress.com/2015/11/12/mui-syiah-terbagi-tiga/

Kesimpulan:
1. Tidak semua Syiah itu kafir
2. Ada Syiah yang kafir dan ada Syiah yang bukan kafir (berarti masih muslim)
3. Syiah yang bukan kafir juga memiliki kesesatan, tapi sesat itu bukan kafir, dan mereka masih dihukumi sebagai muslim.
4. Hati-hati dengan kelompok yang kemana-mana selalu mempropagandakan “Syiah bukan Islam”, karena secara tidak langsung mereka telah mengkafirkan sebagian ummat Islam yang sebenarnya tidak kafir.
5. Propaganda “Syiah bukan Islam” adalah propaganda berbahaya yang bisa memecah-belah ummat Islam di Indonesia, dan bisa menjadikan Indonesia seperti Suriah jilid 2.
6. Mari kita nasehati warga Syiah dengan baik, bukan dengan kebencian apalagi melalui jalan peperangan.

Please share.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s