Berlomba, bukan bertanding

Dalam islam, kita diperintahkan untuk berlomba dalam melakukan amal, bukan bertanding dalam melakukan amal.

Berlomba adalah bersaing dengan tanpa menjatuhkan, seperti lomba lari, semua bisa mencapai finish meskipun kecepatannya berbeda-beda.

Adapun bertanding adalah bersaing dengan cara menjatuhkan lawan, seperti pertandingan tinju atau lainnya. Pemenang hanya ada satu, dan yang lain harus kalah.

Dalam islam, yang diperintahkan adalah berlomba-lomba dalam beramal, bukan bertanding dalam beramal. Maka itu artinya, dalam hal-hal yang mungkin memiliki perbedaan, mari kita pilih cara kita masing-masing, lalu kita amalkan pilihan itu sebaik mungkin, nanti akan kita lihat amal siapa yang paling baik, lebih baik atau hanya sekedar baik saja. Insya Allah semua baik.

Dan itu artinya, janganlah kita menggunakan sudut pandang bertanding dalam melakukan amal-amal kita, lalu dengan sudut pandang itu kita lalu sibuk menjatuhkan orang lain yang beramal dengan cara yang berbeda, apalagi kalau sambil menebar tuduhan-tuduhan negatif semau kita. Ini adalah cara yang sama sekali tidak benar.

Berlombalah dalam kebaikan, jangan bertanding. Ini adalah ajaran dari Al-Qur’an kita.

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Baqarah: 148)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s