Beda Madzhab Salaf dan “Madzhab” Wahabi

Imam empat madzhab memberikan jawaban atas pertanyaan “kalau tidak ada dalilnya dalam Al-Qur’an dan sunnah, maka harus bagaimana?”

Mereka memberikan solusi dalam bentuk urutan prioritas, misalnya gunakan ijma, gunakan qiyas, gunakan maslahah mursalah, lihat kebiasaan warga madinah, atau lainnya, dari situ baru bisa disimpulkan apa hukum suatu masalah.
Inilah yang namanya madzhab, yaitu mengajari kita ttg bagaimana cara menilai sesuatu. Metodenya-lah yang dibakukan dan diwariskan pada ulama berikutnya, sampai ke kita saat inim Kalau dalam komputer, ini ibarat operating system yang mengatur gerak semua aplikasi kita. Aplikasi boleh bertambah, tapi pola pikir sudah baku.

Adapun wahabi or salafi, mereka tidak punya metode utk menjawab pertanyaan  “kalau tidak ada dalilnya dalam Al-Qur’an dan sunnah, maka harus bagaimana?”
Karena bagi mereka, kalau tidak ada dalilnya dalam Al-Qur’an dan sunnah, maka hukumnya langsung jatuh ke bid’ah -> sesat -> neraka.

Tidak ada metode yang digunakan. Dan di saat mereka kesulitan untuk menilai suatu hal yang ternyata dibutuhkan, akhirnya mereka lari ke “fatwa ulama”, tentunya yang dimaksud disini adalah ulama versi mereka sendiri, seperti Syaikh bin Baz, lajnah daaimah atau lainnya.
Intinya, tidak ada metode. Yang ada hanya Al-Qur’an, hadits dan fatwa dari ulama kebanggaan. 😦

Kalau dalam komputer, ini ibarat program aplikasi yang banyak men-save file2, tapi sama sekali tidak memiliki metode untuk mengatur itu semua.

Kesimpulannya:
1. Imam empat madzhab memberikan solusi atas pertanyaan  “kalau tidak ada dalilnya dalam Al-Qur’an dan sunnah, maka harus bagaimana?”
Inilah madzhab salaf yang sebenarnya.

2. Adapun wahabi, langsung menghukumi semua hal yang tidak ada dalilnya dari Al-Qur’an dan Sunnah sebagai bid’ah. Tentu saja, pemikiran seperti ini bukanlah pemikiran para ulama salaf.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s