Kupas Tuntas Bid’ah: (7) Kata ‘kullu’ dalam hadits tentang Bid’ah

Ada yang berkata, dalam hadits “kullu bid’atin dholaalah”, kata ‘kullu’ di situ artinya adalah ‘semua’. Jadi, kalimat itu artinya “semua bid’ah itu sesat”, dan tidak ada perkecualiannya sedikitpun juga. Artinya, tidak ada bid’ah hasanah (bid’ah yang baik), yang ada hanyalah bid’ah dholaalah (bid’ah yang sesat) karena semua bid’ah itu sesat, tanpa perkecualian sama sekali.

Ini pemahaman yang baik. Akan tetapi konsekwensinya adalah, satu kalimat sebelumnya berbunyi “kullu muhdatsaatin bid’ah”. Kalau kata ‘kullu’ berarti ‘semua’ tanpa pengecualian sedikitpun juga, maka kalimat ini artinya adalah “semua hal baru itu bid’ah”, tanpa pengecualian juga. Artinya, mobil, handphone, Facebook dan Whatsapp juga bid’ah, sesat dan akan membawa kita ke neraka. Karena kata ‘kullu’ dimaknai dengan ‘semua’ tanpa pengecualian sedikitpun juga.

Sampai di sini lalu ada yang berkomentar, pembatasannya ada pada kata ‘muhdats’ (hal baru) itu. Maksudnya, kata ‘kullu’ memang bermakna ‘semua’, akan tetapi kata ‘muhdats’ (hal baru) dalam kalimat “kullu muhdatsaatin bid’ah” itu sebenarnya hanya mencakup hal-hal baru yang berkaitan dengan ibadah saja. Hal-hal inilah yang nanti akan disebut dengan nama bid’ah. Artinya, ada “muhdats ibadah” dan ada “muhdats non-ibadah”, dan yang dimaksud sebagai bid’ah dalam hadits itu adalah “muhdats ibadah” saja.

Pemahaman ini juga menarik, karena kalau kata ‘muhdats’ boleh dipilah-pilah menjadi “muhdats ibadah” dan “muhdats non-ibadah”, maka berarti kata bid’ah juga boleh dipilah-pilah, misalnya menjadi “bid’ah hasanah” dan “bid’ah dholaalah”, dan yang disesatkan dalam hadits itu adalah “bid’ah dholaalah” saja.

Kalau yang satu boleh dipilah-pilah, maka seharusnya yang lain juga boleh.

#mari belajar memahami
#tidak hanya mengikuti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s