Tangan Allah (Yadu Allah يد الله)

Tentang tangan Allah, berikut adalah keyakinan yang ada dalam kaum muslimin.

1. Allah punya tangan, dan tangannya seperti tangan kita ini.
Ini adalah keyakinan kaum Mujassimah, dan ini adalah keyakinan yang tidak dapat dibenarkan. Maha benar Allah dari hal-hal yang tidak layak untuk-Nya.

2. Allah punya tangan, tapi tangannya bagaimana kita tidak tahu dan kita tidak boleh bertanya tentang hal itu.
Ini adalah keyakinan yang dipegang oleh Imam Ibnu Taimiyyah dan dua orang muridnya yaitu imam ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dan Imam Ibnu Katsir. Akan tetapi keberadaan Imam Ibnu Katsir dalam kelompok ini dipertanyakan, karena sebagian informasi menyebutkan bahwa Imam Ibnu Katsir sudah meninggalkan keyakinan gurunya ini. Hal ini terbukti dalam beberapa tempat dalam kitab tafsir beliau yang juga menafsirkan kata “tangan” dengan “kekuasaan” atau lainnya, baik untuk kasus tangan Allah maupun kasus lainnya.

3. Pendapat ketiga, ayatnya menyebutkan tentang Yadu-Allah (يد الله),  tapi kami tidak tahu apa maksud ayat itu dan kami menahan diri untuk membicarakan hal itu lebih lanjut. Kami mengimani ayatnya, dan tafsirnya kami serahkan kepada Allah. Karena kata Yadu dalam bahasa Arab bisa berarti tangan, kekuasaan, atau lainnya.

4. Pendapat ke-empat, kami tidak tahu apa maksud ayat itu, maka kami lebih suka mentak’wilkan ayat tsb kepada hal-hal yang lebih pantas untuk Allah, misalnya menta’wilkan tangan Allah dengan kekuasaan Allah, atau lainnya.


Pendapat no 3 dan 4 adalah pendapat mayoritas ulama kita dari dulu sampai sekarang. Pendapat ini juga dipegang oleh para mufassiriin seperti Imam Qurthubi yang mengarang kitab tafsir “Al-Jami’ liahkam al-Qur’an wa al-Mubayyin Lima Tadhammanahu Min as-Sunnah wa Ayi al-Furqan” atau yang lebih dikenal sebagai Tafsir Qurthubi saja. Beliau adalah salah seorang ulama besar dari Madzhab Maliki. Pendapat ini juga dipegang oleh Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuuti yang mengarang kitab tafsir Jalalain (Kitab Tafsir dua Jalal). Beliau berdua adalah dua ulama besar dari Madzhab Syafi’i. Pendapat ini juga dipegang oleh Imam Ibnu Hajar al-Asqalani yang mengarang kitab Fathul Baarii (syarah Shahih Bukhari) yang fenomenal, beliau juga seorang ulama besar ahli hadits dari madzhab Syafi’i. Berikutnya, pendapat ini juga dipegang oleh Imam Nawawi yang mengarang kitab Syarah Shahih Muslim yang juga fenomenal. Beliau adalah ulama besar dari madzhab Syafi’i. Dan dalam syarah Shahih Muslim jelas-jelas beliau menuliskan bahwa pendapat no 3 dan no 4 di atas adalah dua pendapat yang dipegang oleh kaum Ahlu Sunnah dari dulu.

Berikut pendapat imam Nawawi tentang hal itu:
وقد سبق فيها المذهبان : التأويل والإمساك عنه ، مع الإيمان بها ، مع اعتقاد أن الظاهر منها غير مراد ،

“Dan sungguh telah ada dua madzhab dalam hal ini, yaitu melakukan ta’wil atasnya, atau menahan diri atasnya dengan tetap mengimaninya, dengan keyakinan bahwa makna dzahir-nya tidak boleh dipakai. ”
Sumber:
http://hadith.al-islam.com/Page.aspx?pageid=192&TOCID=1294&BookID=34&PID=8080

Pendapat no 3 dan 4 di atas juga merupakan pendapat para ulama dari kalangan Asy’ari. Dan pendapat Asy’ari ini (bersama pendapat Maturidi) secara de facto telah diakui sebagai representasi kalangan Ahlu Sunnah selama lebih dari seribu tahun sejarah ummat Islam di muka bumi ini.

Wallahu A’lam.

Picture, tafsir Ibnu Katsir mentakwilkan kata “tangan” dengan kekuasaan. Surat Adz-Dzaariyat, lihat ayat 47.

image

Berikutnya dalam surat al-Fath ayat 10, ini ayatnya:

image

dan di bawah ini adalah tafsirnya.

image

Lihat, Imam Ibnu Katsir menafsirkan “tangan Allah di atas tangan mereka” tidak dengan arti yang benar-benar tangan, tapi dengan arti “kehadiran bersama mereka”.

Wallahu a’lam.

Advertisements

One thought on “Tangan Allah (Yadu Allah يد الله)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s