Fakta sejarah: Jalur kereta api Istanbul – Makkah

Banyak yang tidak tahu, kekhalifahan Turki Utsmani pernah membuat rel kereta dari Istanbul sampai ke Madinah, dan seharusnya rel tersebut tersambung sampai ke Makkah. Proyek ini adalah salah satu proyek besar-besaran dari Kekhalifahan Turki Utsmani untuk bisa mengontrol stabilitas keamanan di Jazirah Arab pada saat itu, atau tepatnya di awal tahun 1900-an. Untuk melakukan proyek ini, tim khalifah Utsmani dibantu oleh para insinyur dari Jerman.

Sayang sekali, yang terjadi kemudian adalah munculnya Perang Dunia ke satu. Dalam perang ini, Jerman yang menjadi sekutu Turki Utsmani ternyata kalah. Akibatnya support Jerman terhadap kekhalifahan Turki Utsmani juga berkurang. Dan semua itu diperburuk lagi oleh munculnya pemberontakan-pemberontakan dari suku-suku Arab yang ada di semenanjung Arabia, yang dibantu oleh tentara Inggris. Salah satu tentara Inggris yang terkenal pada masa ini adalah TE Lawrence, yang kemudian dikenal dengan nama Lawrence of Arabia.

Akhirnya, pemberontakan suku-suku Arab di semenanjung Arabia berhasil memisahkan daerah semenanjung Arabia dari kekuasaan Khalifah Turki Utsmani. Lalu muncullah kerajaan-kerajaan di semenanjung Arabia, seperti yang saat ini kita kenal.

Mengenai jalur kereta api dari Istanbul menuju Makkah sendiri, itu semua hanya tinggal angan-angan. Jalur tersebut hanya sampai ke Madinah, dan tidak pernah mencapai kota Makkah. Yang tersisa adalah beberapa jalur kereta sampai ke Madinah saja, dan ini akhirnya menjadi fakta sejarah bahwa kekhalifahan Turki Utsmani pernah mengontrol wilayah semenanjung Arabia.

Foto-foto

Militer Turki Utsmani di atas gedung Stasiun Mu’azzam, tahun 1908. From: Halladiyan/Royal Geographic Society

Foto yang diambil tahun 2002, di pertengahan antara Madinah dan al-‘Ulaa, di sebuah pusat maintenance milik Hijaz Railway.

Salah satu foto lokomotif dari Hijaz Railway, tahun 1912.

Uang 100 Pounds Syria tahun 1998 yang menunjukkan foto lokomotif dan Stasiun Damaskus yang merupakan salah satu stasiun dari Hijaz Railway.

 

Ferrocarril_del_hiyaz_EN

Jalur kereta antara Damaskus – Madinah, sebagai bagian dari jalur kereta dari Istanbul ke Makkah. Ini adalah Hijaz Railway pada tahun 1914, sebelum Perang Dunia I terjadi, dan sebelum suku-suku Arab memberontak terhadap kekhalifahan Turki Utsmani.

Sumber:
https://www.britishmuseum.org/explore/themes/hajj/the_journey/routes/the_ottoman_route/hijaz_railway.aspx

http://en.wikipedia.org/wiki/Hejaz_Railway

http://en.wikipedia.org/wiki/T._E._Lawrence

Advertisements

One thought on “Fakta sejarah: Jalur kereta api Istanbul – Makkah

  1. Pingback: Bencana Mujassimah | Blog of Isa Ismet Khumaedi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s